Senin, 06 Juni 2016

Obat Gusi Bengkak dan Penyebabnya, Obat Apotik, Obat Dokter


Mengalami gusi bengkak memang sedikit mengganggu bagi setiap orang. Penyakit gusi bengkak umum dapat dialami oleh semua orang. Biasanya gusi bengkak akan mengalami perdarahan pada gusi yang bengkak. Penyebab gusi bengkak adalah bakteri yang terdapat pada plak kemudian menginfeksi jaringan gigi sehingga dapat menyebabkan infeksi pada gigi yang membuat gusi bengkak, kemerahan, sakit dan mudah berdarah. Selain itu gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh gingivitis, kehamilan, malnutrisi, karena infeksi. Obat gusi bengkak harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Berikut adalah langkah-langkah nya:


  1.     Sikat gigi dan flossing dengan lembut agar tidak mengiritasi gusi.
  2.     Berkumurlah menggunakan air yang dicampur garam untuk membersihkan gigi, gusi serta tenggorokan dari bakteri.
  3.     Konsumsi air putih minimal 8 gelas perhari, dengan banyak mengkonsumsi air akan membantu memperbanyak produksi air liur untuk menbunuh bakteri penyebab gusi bengkak.
  4.     Hindari penggunaan obat kumur yang keras, alkohol dan merokok untuk mencegah terjadinya iritasi.
  5.     Kompres wajah menggunakan air hangat untuk mengurangi rasa sakit pada gusi yang bengkak.
  6.     Kumur menggunakan air daun sirih, caranya rendam daun sirih menggunakan air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.
  7.     Kumur dengan air lemon, caranya pakai 1 buah lemon, peras dan ambil airnya kemudian campur dengan air hangat. Gunakan 2 hingga 3 kali sehari.
  8.     Minyak cengkeh, caranya sengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang bengkak. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari.
  9.     Konsumsi vitamin C untuk mencegah gusi bengkak.
Obat gusi bengkak di apotik biasanya tersedia obat penghilang rasa sakit atau analgetik untuk meredakan nyeri. Contoh obat-obatan analgetik antara lain adalah : asam mefenamat, ibuprofen, metampiron. Baca brosur obat terlebih dahulu sebelum meminumnya. Selain itu juga ada obat antibiotik, obat ini untuk membunuh bakteri pada gusi bengkak yang disebabkan oleh bakteri dan tergolong cukup parah. Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Untuk mengurangi pembengkakan akibat radang maka diperlukan obat anti radang atau anti inflamasi. Contoh merk obat anti inflamasi adalah dexametason dll. Menggunakan nobat ini juga harus menggunakan resep dari dokter. Obat sakit gigi bengkak juga dapat menggunakan bawang putih jika gusi bengkak garena gigi yang berlubang. Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman yang ada pada gigi yang berlubang. Caranya yaitu ambil satu siung bawang putih, kupas kulitnya kemudian haluskan bawang putih dan ditambah garam dengan cara manual. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan kedalam gigi yang berlubang kemudian tunggu hingga sakitnya berkurang. Lakukan secara rutin hingga sakit benar-benar hilang.

Jika anda tidak mau ribet maka obat apotik gusi bengkak dapat menjadi pilihan anda. Akan tetapi lebih baik anda menggunakan bahan-bahan yang alaami karena tidak ada efek samping untuk penggunaan jangka waktu panjang.

Jika anda mengalami gusi bengkak lebih dari 2 minggu, maka anda sebaiknya periksa ke dokter gigi. Obat dokter untuk gusi bengkak akan diberikan kepada anda. Sekali lagi anda harus memperhatikan kebersihan mulut  dan gigi anda, konsumsi vitamin C dan asam folat untuk mencegah pembengkakan pada gusi. Artikel Kesehatan.

obat gusi bengkak, obat untuk gusi bengkak, obat apotik gusi bengkak, gusi bengkak, obat sakit gigi paling ampuh di apotik, obat buat gusi bengkak, obat gusi bengkak di apotik, obat sakit gusi bengkak di apotik, obat sakit gigi gusi bengkak di apotik, obat radang gusi di apotik

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Obat Gusi Bengkak dan Penyebabnya, Obat Apotik, Obat Dokter", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar